Mei 26, 2024

Kabar Ambon Kabar Maluku Pariwisata Seni Budaya Kuliner

Danlantamal IX Dukung & Sukseskan Pagelaran Tradisi Pukul Sapu, Sebagai Bentuk Pelestarian Budaya.

MATCAN.ID MALTENG– TNI Angkatan Laut. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina M.M., M.T., M.Tr. Opsla turut mensukseskan tradisi Pagelaran Atraksi Pukul Sapu di negeri Morela dan Mamala 7 Syawal 1444 H. Sabtu (29/04/2023).

Dalam rangka mensukseskan tradisi Pagelaran Atraksi Pukul Sapu di negeri Morela dan Mamala 7 Syawal 1444 H, Danlantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina M.M., M.T., M.Tr. Opsla bersama staf dan jajaran memberikan dukungan kepada masyarakat setempat dengan menyaksikan langsung pagelaran atraksi Pukul Sapu tersebut.

Masyarakat Desa Mamala dan Desa Morella di Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah, punya sebuah tradisi unik yang diadakan setelah hari raya Idul Fitri, tepatnya setiap tanggal 7 Syawal dalam penanggalan Islam. Tradisi yang berlangsung secara turun-temurun dan menjadi bagian dari kebudayaan Maluku ini dilaksanakan setiap tujuh hari setelah lebaran. Dalam bahasa daerah Morella, masyarakat menyebutnya ‘Palasa’ atau ‘Baku Pukul Manyapu’ yang artinya saling memukul dengan sapu lidi. Tradisi ini bagi masyarakat Maluku melambangkan rela berkorban jiwa dan raga untuk memperjuangkan kepentingan bersama.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *