Oktober 5, 2022
Kabar Indonesia Kesehatan Life Style Olahraga

7 Cara Tingkatkan Imun Tubuh untuk Melawan COVID-19.

MATCAN.ID Jakarta– Sistem imun yang kuat merupakan salah satu kunci mencegah terinfeksi COVID 19. Mengonsumsi suplemen dan vitamin saja tidak cukup, menerapkan gaya hidup yang sehat pada kehidupan sehari-hari juga diperlukan untuk mencegah tubuh dari virus Corona. Pada dasarnya sistem imun tubuh dapat bekerja dengan baik dalam menghadapi virus atau bakteri penyebab penyakit. Namun saat sistem imun melemah, tubuh akan rentan terserang penyakit. Menerapkan pola hidup yang sehat merupakan langkah awal dalam melawan berbagai penyakit. Ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pertahanan yang tangguh terhadap COVID-19. Dikutip dari Healthline, berikut cara yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh mencegah infeksi virus Corona.

1. Tidur yang cukup. Tidur yang cukup dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh secara alami. Faktanya, kualitas tidur yang tidak memadai atau buruk dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit. Sebuah penelitian dalam jurnal yang diterbitkan National Library of Medicine, melakukan penelitian pada 164 orang dewasa yang sehat, mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam lebih mungkin terkena flu dibandingkan mereka yang tidur 6 jam atau lebih setiap malam. Bagi orang dewasa harus menargetkan untuk tidur selama 7 jam atau lebih setiap malam. Sementara remaja membutuhkan 8-10 jam dan anak-anak serta bayi membutuhkan waktu tidur hingga 14 jam.

2. Konsumsi banyak makanan nabati. Mengonsumsi makanan nabati kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan patogen berbahaya. Antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan dengan melawan senyawa tidak stabil yang disebut radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan saat menumpuk di tubuh dalam kadar tinggi. Beberapa makanan nabati mengandung antioksidan, serat, dan vitamin C, yang semuanya dapat menurunkan kerentanan tubuh terhadap penyakit. Jenis makanan nabati yang baik dikonsumsi di antaranya buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *