Oktober 4, 2022
Kabar Indonesia Politik

Pilkada dan Peta Politik 2024.

MATCAN.ID– Hari rabu, (9/12) Adalah pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak digelar. Total ada 270 daerah yang melaksanakan Pilkada di 2020 ini, yakni sembilan provinsi, 37 kota, dan 224 kabupaten. Seratus juta lebih warga akan menggunakan hak pilihnya guna memilih kepala daerah yang baru. Berbeda dengan Pilkada sebelumnya, kali ini pesta demokrasi lima tahunan ini berada dalam situasi pandemi Covid-19.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memang telah menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 13 Tahun 2020. Aturan tersebut memuat pedoman pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota dalam kondisi bencana nonalam. Sejumlah kalangan khawatir Pilkada akan menjadi klaster baru penyebaran virus corona.

Selain pandemi, sejumlah daerah juga menjadi sorotan dalam pilkada serentak kali ini, yakni Pilkada di Kota Medan, Sumatera Utara, Kota Surakarta, Jawa Tengah dan Kota Tangerang Selatan, Banten. Di tiga wilayah tersebut, keluarga presiden dan wakil presiden ikut berlaga. Di Pilkada Kota Medan, menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution, maju menjadi calon wali kota menggandeng Aulia Rachman menantang Paslon Akhyar Nasution-Salman Alfarisi.

Di Pilkada Solo, putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, mencalonkan diri menjadi wali kota Solo. Gibran menggandeng Teguh Prakosa sebagai calon wakil wali kota menantang Paslon independen Bagyo Wahono – FX Supardjo. Sementara di Tangsel, putri keempat Wakil Presiden KH Ma’Ruf Amin, Siti Nur Azizah Ma’ruf, bertarung memperebutkan posisi wali kota. Dia berpasangan dengan Ruhamaben. Pasangan nomor urut 2 itu akan bertarung melawan Paslon nomor urut 1, Muhammad-Rahayu Saraswati yang merupakan keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Paslon nomor urut 3 Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *