Mei 26, 2024

Kabar Ambon Kabar Maluku

Mengenal Brigjen (Mar) Dr. Said Latuconsina Primadona Baru Maluku Yang Populis.

MATCAN.ID AMBON– Bagi publik maluku, sosok Brigjen (Mar) Dr. Said Latuconsina. S.E., M.M., M.T., M.Tr. Opsla, bukan lagi  pribadi yang asing di benak setiap orang di negeri para raja-raja ini.

Perwira tinggi (Pati) bintang satu di pundak ini, sejak kehadirannya menakhodai, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Halong Ambon (Lantamal IX), pada tahun 2021 lalu, figurnya  semakin di kenal luas masyarakat maluku.

Kunci sukses yang membuat putra kelahiran ambon 1970 ini, semakin familiar dan dikenal luas disemua kalangan orang maluku adalah, program populisnya. Mengenalkan institusinya, sekaligus sosialisasi penerimaan calon Tamtama, Bintara, Taruna hingga Perwira Karier TNI Angkatan Laut ke masyarakat luas.

Bisa dibilang, sebelum kehadiran Jenderal berdarah asli pelauw, untuk memimpin di institusi negara, penjaga keamanan dan pertahanan laut indonesia,  khusus wilayah maluku itu. Sangat minim sekali minat dari putra-putri terbaik maluku untuk masuk menjadi prajurit TNI Angkatan Laut. Bahkan pada tahun-tahun  tertentu, biasanya nihil/kosong, tanpa anak maluku satupun  pada seleksi penerimaan prajurit AL

Dengan strategi, disertai keuletan  sang jenderal dan stafnya, beliau turun langsung hingga ke pelosok-pelosok terpencil, guna memperkenalkan institusi yang beliau pimpin, sekaligus mensosialisasikan seleksi penerimaan prajurit TNI AL. Barulah anak-anak muda maluku dengan penuh antusias mendaftar diri menjadi bagian dari keluarga besar TNI Angkatan Laut.

Tidak tanggung-tanggung, semenjak jenderal yang sementara menapak langkah menuju orang nomor satu maluku ini, duduk di singgasana Lantamal Halong Ambon. Sudah lebih dari 1000-an anak asli maluku lolos dan menjadi bagian dari prajurit TNI Angkatan Laut.

Melihat animo dan kelulusan putra – putri asal maluku yang begitu tinggi di Lantamal IX Ambon, markas besar TNI Angkatan Laut Surabaya, justru menambah, memperbesar kuota penerimaan prajurit TNI AL untuk wilayah maluku.

Ini bagian dari sejarah, yang tidak akan dilupakan oleh orang maluku, karena hanya dalam rens waktu 3 tahun, Pimpinan Lantamal dibawa komando anak asli daerah, bisa menyerap serta meloloskan  ribuan anak maluku menjadi prajurit TNI AL.

Berikut profile mentereng Jenderal SL, sapaan akrab kepada sosok populis calon gubernur maluku periode 2024-2029.

Brigjen Dr. Said Latuconsina S.E., M.M., M.T., M.Tr.Opsla. lahir pada tanggal 13 Agustus 1970. Adalah anak kedua dari pasangan, Sersan Mayor TNI Purn. Almarhum Bapak Yahya Latuconsina dan Almarhumah Ibu Jannah Tualepe.

Said Latuconsina adalah lulusan SMA Negeri Pelauw. SMAN 16 Maluku Tengah sekarang, tahun 1989. Semasa sekolah, beliau  sudah terlihat sebagai anak yang cerdas secara akademik dan penuh prestasi. Salah satu prestasi terbaiknya adalah, perna terpilih sebagai peserta Raimuna Nasional di Jakarta, mewakili Maluku, dari SMAN Pelauw.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *