Oktober 5, 2022
Kabar Ambon Kabar Dunia Kabar Maluku Olahraga Politik

Dari Sepak Bola George Weah Kini Menjadi Presiden Liberia.

Matcan.id– Bagi para maniak bola, khusus pada era 90-an, sudah pasti mengenal sosok pesohor kulit bundar satu ini. George Weah, nama yang cukup terkenal, dikalangan pesepak bola dan insan sepak bola dunia tanpa kecuali Indonesia saat itu.

Dunia mengenalnya, karena kualifikasi skil mengolah si kulit bundar diatas rata-rata pemain sepak bola dunia ketika itu. Dan luar biasanya, dialah satu-satunya pemain Afrika pertama yang menerima penghargaan prestisius dunia ballon d’Or.

Dikutif dari Indosport.com Perjalanan karier pesepak bola Liberia, George Weah, bak kisah dongeng.  Benua Afrika terkenal menghasilkan banyak pesepak bola hebat, tetapi sampai detik ini, baru satu pemain yang meraih gelar Ballon d’Or dari benua hitam , yakni George Weah. 

Pemilihan Ballon d’Or tahun 1995 menjadi bersejarah bagi Afrika karena untuk pertama kalinya sejak penghargaan ini diberikan pada 1956, belum ada pemain dari benua itu yang menerimanya. 

Weah kala itu mengalahkan Jurgen Klinsmann (Jerman) dan Jari Litnamen (Finlandia). George Weah mendapatkan penghargaan ini saat berseragam klub raksasa Serie A Italia, AC Milan. 

George Manneh Oppong Weah, yang lahir di Monrovia Liberia, 1 Oktober 1966, mulai dikenal luas lewat aksinya bersama dua klub raksasa Prancis, AS Monaco dan Paris Saint-Germain.  Bersama dua klub itu, Weah menghabiskan tujuh musim. Di Monaco Weah yang berposisi sebagai striker mencetak 47 gol dari 103 laga, sementara di PSG, ia membuat 32 gol dari 103 laga.  ADVERTISING Kehebatannya itu menarik minat klub papan atas Italia, AC Milan. Ia bergabung bersama Rossoneri pada 1995-2000. 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *